FANDOM

Untuk Tokoh Bola Polandia, lihat Bola Polandia (tokoh)

Bola Polandia (polandball) adalah sebuah meme internet yang terdiri dari kartun, komik, karya seni dan komunitas yang dibuat oleh pengguna. Bola Polandia sendiri bersifat menyindir sebuah negara, digambarkan sebagai bola dengan mata dan bendera suatu negara sebagai kulitnya. (dikenal luas sebagai "Bola Negara (countryballs)"), yang berinteraksi dengan satu sama lain dan sering berbicara dengan bahasa Inggris yang buruk, dan menunjukkan kepribadiannya yang diturunkan dari pendapat atau stereotipe nasional dan internasional tentang negara tersebut. Gaya komik itu bisa disebut Bola Polandia (Polandball) (meskipun Polandia sering tidak termasuk karakter di sebagian komik), atau Bola Negara (Countryball). [1]

Meme ini sudah berkembang dengan cara yang berbeda daripada meme internet lainnya karena memiliki komunitas yang kuat di banyak situs web, tetapi meme ini tidak selalu diketahui atau dipahami sepenuhnya di luar komunitasnya. Bagaimanapun, Bola Polandia telah menjadi bahan pokok di banyak situs web untuk menggambarkan peristiwa internasional. Bola Polandia telah menarik perhatian para sarjana, halaman depan beberapa situs web dan koran, pengembang gim, politikus dan menteri-menteri, dan bahkan para selebriti, diantara orang lain.

Sejarah Awal

Negara digambarkan sebagai bola dan lingkaran bukanlah ide yang kreator Bola Polandia temukan. Dengan demikian, Bola Polandia memiliki beberapa pendahulu spiritual

Karya Bruno Bozetto di Bola Polandia

Bozzetto

Bruno Bozzetto adalah orang pertama yang membuat animasi yang mirip dengan bola negara

Bola Polandia mungkin terinspirasi dari karya sebuah animator asal Italia, Bruno Bozzetto. Di kartunnya yang bernama "Italy vs Europe" (Italia vs Eropa), dirilis pada tahun 1999, Uni EropaEU-icon dan ItaliaItaly-icondigambarkan sebagai lingkaran. [2] [3]  Karya-karya dari Bruno Bozzetto adalah beberapa dari hasil karya modern pertama yang menggambarkan hal yang luas, seperti jenis kelamin dan negara, digambarkan sebagai lingkaran. Karyanya juga memiliki banyak sifat yang sama seperti Bola Polandia, seperti mewujudkan kreativitasnya dari stereotip dasar. Karyanya menjadi viral dengan cepat, dan mungkin saja menjadi cikal bakal dari komik-komik pertama Bola Polandia.

Insiden Drawball.com

Akar dari Bola Polandia bisa ditelusuri dari sebuah peristiwa yang dijuluki 'perang siber' antara para pengguna internet asal Polandia di situs web yang bernama drawball.com, yang terjadi pada bulan Agustus tahun 2009. Situs web tersebut menyediakan kanvas virtual berbentuk lingkaran yang besar, memperbolehkan para pengguna internet untuk menggambar apapun yang mereka inginkan di atas kanvas tersebut, berdasarkan apa yang telah digambar sebelumnya oleh pengguna lain.Ide untuk menggambar bendera Polandia di seluruh bagian kanvas menyatukan ribuan pengguna 4chan asal Polandia dan mereka bisa mewarnai seluruh bagian kanvas dengan warna putih di atas dan warna merah dibawah, dengan kata "POLSKA" (Artinya: Polandia dalam bahasa Polandia) tertulis di bagian tengahnya. Hasil kerja sama ini diserahkan ke kekacauan drawball yang akrab yang tak lama kemudian gambar tersebut digerebek oleh 4chan untuk menutupinya dengan lambang swastika yang besar. [4]

DRAWBALL

Gambar dari insiden tersebut, sebelum dan sesudah

Awal dari Bola Polandia

Awal dari meme yang sebenarnya dimulai sebulan berikutnya, di Krautchan, sebuah situs imageboard berbahasa Jerman.

10410346 10154811005445483 3033318395039171311 n

Salah satu komik pertama dari Bola Polandia, dibuat oleh pengunjung Krautchan yang sering datang bernama FALCO

Komik-komik pertama Bola Polandia dikaitkan dengan seorang pengguna asal Britania Raya yang berbicara bahasa Inggris di Krautchan, dijuluki FALCO, yang pada bulan September tahun 2009 membuat meme menggunakan Microsoft Paint untuk meledek pengguna lain dijuluki "Wojak". Wojak, seorang keturunan Polandia-Britania Raya yang sering datang ke /int/, berbicara tentang kontribusi karyawannya yang buruk dan nasionalisme terhadap bekas negaranya dengan gaya yang bertele-tele. Akhirnya dia mulai berbicara tentang seberapa unggul wanita-wanita asal Polandia terhadap wanita-wanita dari negara lain. FALCO membuat komik Bola Polandia yang pertama untuk menyindir hal ini, bersama dengan beberapa pengguna lain kemudian, dan mereka menjadi stereotip yang paling mendasar yang dikaitkan dengan Bola Polandia. Ini menarik minat banyak pengguna, yang kemudian mulai menyebarkan dan meniru komik milik FALCO di internet. Orang-orang Rusia mendukung ini yang paling banyak, mereka sendiri menciptakan stereotip dari kenikmatan mabuk dan terobsesi untuk mengolok-olok Polandia. Stereotip ini dimasukkan ke tokoh Bola Rusia.Dengan cara yang sama, banyak stereotip lainnya mulai terbentuk untuk berbagai tokoh lainnya dari Bola Polandia.

Sejarah Lanjutan

Bola Polandia (Polandball),setelah didirikan oleh komunitas di Krautchan, mulai menyebarkan karya mereka melalui situs web yang lain selain untuk memperkuat popularitas Bola Polandia di situs mereka. Di Krautchan, meme tersebut menjadi makin menyebar luas sehingga manajer dan moderator situs web tersebut membuat penanda untuk negara asal dari pengguna anonim menggunakan bola negara dan bukan bendera. Ini kemudian menjadi fitur diantara banyak bagian /int/ lainnya di papan gambar, dan juga menjadi fitur pilihan. (Sisa kalimat yang terakhir hilang karena beberapa orang yang payah yang secara tidak jelas menulis 'INI BOLA NEGARA BUKAN BOLA POLANDIA!')

Reddit

Polandball World 2015

Peta dunia Bola Polandia pada tahun 2015

Lihat artikel utamanya: /r/Polandball

Komunitas besar Bola Polandia yang lain dimarkakan di Reddit. Di Reddit, komunitas Bola Polandia dibuat di sebuah "subreddit" tanpa nama kemudian dinamakan subreddit Bola Polandia. Sekarang subreddit tersebut memiliki 180 ribu orang dari seluruh dunia berlangganan ke subreddit itu, kebanyakan berasal dari Amerika dan Eropa. Subreddit tersebut dikenal untuk peraturannya yang ketat tentang bagaimana komik dan komentar diposting dan dibagikan. Banyak yang menganggap subreddit itu sebagai sumber komik yang berkualitas tinggi, sedangkan yang lain mengkritiknya untuk moderasi yang berat atau kecenderungannya terhadap gaya seni yang lebih rumit. Peraturan yang kontroversial termasuk pelarangan dan pelarangan sementara dari lelucon tertentu dan kebijakan komentar yang berat yang melarang penggunaan meme apapun selain Bola Polandia (termasuk komentar yang mereferensikan pada meme yang halus dan bahkan mempunyai judul dari sebuah meme untuk sebuah komik Bola Polandia).

Bagaimana Bola Polandia Bekerja

Polandball walking

Bagaimana sebuah bola negara berjalan

Banyak dari elemen-elemen yang membuat komik asli yang telah terbawa di karya selanjutnya. Sifat Bola Polandia yang kebanyakan bersifat tidak berpolitik adalah sesuatu yang tetap ada sepanjang sejarahnya. Kebanyakan komik tersebut tidak bersalah terhadap pelanggaran yang sebenarnya, dan setiap pelanggaran yang dipicu biasanya ditandai dan dibuat lucu dengan cara yang masih bisa menembus kepolosannya terhadap apa yang terjadi. Komik-komik itu pun bahkan bisa mengungkapkan watak dari pembuat komik tersebut (komik yang

sulit dipahami biasanya terlalu nasionalis dan tidak lucu, mirip pembuat komik itu sendiri).

Kepolosan dari Bola Polandia berakar dari fakta bahwa banyak lelucon yang dibuat oleh FALCO untuk Bola Polandia dibentuk secara sederhana dari cara bicara Wojak yang bertele-tele. Sebagai contoh, sangat jelas bahwa tidak semua orang Polandia bekerja untuk Britania Raya sebagai tukang ledeng. Hal tersebut membuktikan bahwa mustahil sekali lelucon tersebut bersifat menyinggung orang lain. Tetap saja, meskipun demikian, ini cukup akurat untuk diakui di seluruh penjuru internet oleh pengguna dari berbagai negara sebagai bahan candaan terhadap perilaku internasional. Ini bukan berarti bahwa Bola Polandia tidak selalu bersifat menyinggung. Sebaliknya, ini menjadi bersifat menyinggung sementara Bola Polandia tetap tidak bersalah terhadap apa yang dibicarakannya. Ini agar komunitas sekitar Bola Polandia dapat kembali dan berpartisipasi di dalamnya terlepas dari penyerangan nyata yang diambil oleh pembaca. Biasanya, seberapa kasar sebuah lelucon di Bola Polandia berhubungan pada seberapa besar pengaruh negara tersebut di dunia nyata. Contoh: lelucon tentang Bola Amerika Serikat sudah sangat umum dan bisa menjadi sangat basi, lelucon tentang Bola Liechtenstein lebih langka dan biasanya tentang bagaimana dia sangat kecil dan tidak penting, namun dia stabil menjadi sebuah negara.

Berbagai komunitas yang berhubungan dengan Bola Polandia di seluruh internet sering menerapkan peraturan dan stigma sosial supaya dasar dan prinsip dari meme tersebut tetap menyertainya.

Format

Lihat juga: Tutorial Resmi Bola Polandia dari Reddit

Komik Bola Polandia juga ditulis menggunakan gaya dan bahasa yang khas. Frasa yang umum digunakan termasuk X cannot into Y atau X tak bisa ke Y (diturunkan dari kalimat “Poland cannot into space (Polandia tak bisa ke luar angkasa)”), Remove kebab (hapuskan kebab) (diturunkan dari video ini), gib clay (serahkan tanah) atau gib (benda apapun dalam bahasa Inggris).

Media Lain

Gim

Artikel utama: [games|Polandball games]

Polandball's Adventure: Escaping from Austria

Polandball's Adventure: Escaping from Austria adalah sebuah gim RPG tentang Bola Polandia yang mencoba untuk melarikan diri dari ruang bawah tanah milik Bola Austria.

Polandball Shooter

Polandball Shooter adalah gim multipemain dalam jaringan gratis dan sebuah modifikasi dari gim asli berjudul Teeworld, tersedia untuk seluruh sistem operasi yang terkenal.

Poland can into space! (Lemon Tea)

Pada tahun 2014, sebuah gim tentang Bola Polandia telah dirilis untuk Android. Cara bermainnya didasarkan pada gim Flappy Bird. Pemain juga memiliki kesempatan untuk bermain sebagai bola negara lainnya.

Polandball's Grand Adventures: Platformer Shooter game in early develop. Follow the story of Polandball collecting other country's vital power to develop his tech.

Polandball World

A 2016 indie game aiming to let players control countryballs find and build Poland's ship so he can enter space. As of July 21st, it was up for vote on Steam's Greenlight program.

Countryballs: Balls at War

Countryballs: Balls at War is a third-person shooter game developed by Falconssj and the 9gag community. It started production late 2016. It will be released mid-late 2017.

Referensi

  1. http://books.google.com.co/books?id=tZVbAAAAQBAJ&pg=PA86&dq=%22Polandball%22+-inpublisher:icon&hl=es&sa=X&ei=s-OcUtziJ8P7kQf03YCgCQ&redir_esc=y#v=onepage&q=%22Polandball%22%20-inpublisher%3Aicon&f=false A Case Study of Internet Memes
  2. [[1]] Italy vs Europe
  3. http://www.bozzetto.com/filmography.pdf Bruno Bozzetto's filmography
  4. https://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=YNo707FsBYU|Video footage of the incident

Lihat juga